CARA MENGATASI MASALAH PADA PRINTER

Jumat, 04 Januari 20130 komentar


Saat ini, sebagian besar bidang pekerjaan, rasanya sudah menggunakan komputer sebagai pendukung kerja yang memang cukup memudahkan. Membuat surat, menyelesaikan proposal, mencatat laporan keuangan, semua menggunakan computer. Namun, tidak seperti mesin ketik atau kertas dan pulpen, apa yang tertulis di komputer, tidak serta merta dapat kita baca, bawa, apalagi jilid menjadi buku, layaknya kertas. Ya, karena tulisan di komputer masih berupa soft copy yang harus kita cetak dahulu dengan mesin, bernama Printer.

Semua yang tertulis di komputer, akan dapat
menjadi dokumen dalam bentuk tercetak di kertas, jika ada printer sebagai mesin pencetaknya. Jadi ketergantungan kerja komputer dengan printer sangat besar. Jika printer tak jalan, maka sudah pasti pekerjaan akan tersendat dan bisa jadi terbengkalai. Apa saja sih jenis kerusakan pada printer itu? Berikut contoh-contoh masalah printer dan penanggulangannya;


Cetakan Kabur (kurang jelas)

Masalah lain yang sering terjadi pada printer adalah cetakan kabur. Hal ini terjadi biasanya  karena salah satu kondisi berikut;

·         Toner/tinta pada printer mulai habis,
·         Ketebalan cetak (density) terlalu rendah
·         Economode printing dalam posisi aktif.

Untuk mengatasi kondisi diatas, masalah density dan economode, Anda bisa mengaturnya pada tombol terpisah di printer Anda. Namun, jika masalah ada pada toner/tinta, sementara Anda dapat menggoyang toner printer agar lebih merata dan dapat dipakai kembali, namun tetap bersiap untuk mengisinya dengan yang baru.

Toner Luntur

Saat Anda menyentuh hasil cetak, dan ternyata tinta/toner luntur ditangan. Bisa jadi, printer Anda mengalami masalah berikut;

·         Fuser rusak atau hampir habis masa pemakaiannya
Solusi untuk fuser yang bermasalah paling sederhana, adalah dengan menggantinya. Lebih baik untuk tidak memperbaiki fuser, karena fuser termasuk spare part berkala dan memang ada masa berlaku pemakaiannya.  
·         Rusaknya toner cartrigde sehingga terlalu banyak toner yang keluar.
Untuk  printer laser (hitam putih) solusinya dengan mengganti toner cartridge, jika  printer laser warna, ganti cartrigdenya.
·         Toner tumpah di printer
Jika ya, ada harus membersihkannya.

Masalah pada Tray

Tray adalah tempat untuk meletakkan kertas pada printer. Jika printer menarik lebih dari satu atau bahkan semua kertas dari tray, kemungkinan besar masalah pada

·         Pad (alat untuk memisahkan kertas pada tray),  dan perlu diganti.
Bisa diperbaiki dengan menginstal pad baru. Untuk perbaikan, sekarang sudah disediakan layanan yang dapat Anda panggil untuk memperbaiki pad.
·         Kertas basah atau lembab.
Simpan kertas ditempat yang kering dan terlindung.  Ingat juga untuk selalu mengkibas-kibaskan kertas sebelum dimasukkan ke dalam printer, agar lembar per lembarnya terpisah.


Cetakan Berbayang

Hasil cetakan berbayang, adalah saat tulisan atau gambar tercetak dengan baik, tapi ada gambar sama yang lebih terang yang tercetak bersamaan, dengan letak hampir menumpuk. Biasanya disebabkan karena;

·         Sambungan  listrik yang mensuplai listrik ke printer.

Coba atasi dengan mengecek outlet listrik dengan mencoba dipasangkan pada printer lain untuk melihat apakah masalah yang sama muncul. Jika iya, berarti sambungan listrik memang bermasalah dan harus diselesaikan dahulu.

·         Penggunaan spare part berkala yang hampir habis masa pakainya. Sparepart berkala  misal drum atau imaging kit.
Spare part berkala mempunyai masa pakai, biasanya ditentukan dengan sejumlah kertas tertentu/berapa kali mencetak. Pada saat printer mencapai angka yang ditentukan spare part tersebut memang harus diganti, salah satunya juga untuk menghilangkan bayangan.

Paper Jam


Paper jam adalah salah satu masalah yang paling sering terjadi pada printer, bahasa umumnya adalah printer macet atau head kotor. Penyebabnya, biasanya adalah karena printer kotor, jenis kertas yang digunakan tidak sesuai, atau roller yang menggerakkan kertas tersendat/mati. Dan biasanya, printer yang menampung kertas secara vertikal sering mengalami paper jam. Printer model ini tidak didesain untuk pemakaian intensif.

Solusinya;        

·         Bersihkan printer secara rutin dengan alat dan pembersih yang benar.
·         Gunakan kertas yang benar tiap kali akan mencetak dokumen. Benar baik jenis kertas maupun ukuran, perlu diperhatikan.
·         Jika kerusakan terjadi pada roller, ganti roller printer Anda.
Namun ingat, roller pada setiap type printer berbeda-beda, baik letak maupun modelnya. Anda harus benar-benar mengenali karena salah-salah mengganti roller, justru akan menyebabkan kerusakan yang lebih serius.
·         Jika terjadi paper jam, perlu diperhatikan untuk selalu tarik kertas searah dengan jalur keluar kertas karena jika ditarik ke belakang akan tersumbat di dalam printer.


Kejadian mengenai Printer yang sedang dipakai tiba-tiba seperti hang tidak bisa nge-print. Namun Saat dilihat pada jendela printqueue, terlihat antrian dokumen yang hendak di-print tetapi tidak direspon oleh printer. Solusi yang paling simple adalah dengan me-restart komputer, tetapi sebenarnya ada beberapa cara yang bisa kita lakukan untuk mengatasi printer yang macet ketika nge-printyaitu sebagai berikut:
 Menghapus dokumen secara manual.
Cara yang pertama adalah mencoba menghapus secara manual antrian dokumen pada jendela print queue tersebut. Bagi anda yang belum tau cara memunculkannya cukup double klik icon printer di bawah taskbar atau klik start, klik printer and faxes, double klik pada icon printer yang dikehendaki.
Pada jendela print queue terdapat beberapa kolom yaitu:
* DokumenName : yang merupakan nama dokumen yang kita cetak.
* Status : status dokumen pada antrian yaitu spooling, paused atau printing.
* Owner : user name orang yang mencetak dokumen
* Pages : menampilkan jumlah halaman yang sudah dicetak dan jumlah keseluruhan halaman.
* Size : ukuran dokumen dalam kilobytes
* Submitted : menampilakan waktu pada saat dokumen dikirim ke printer.
Untuk menghapus dokumen dari daftar antrian cukup klik kanan dokumen tersebut dan pilih cancel.
 Menghapus file di folder C:\WINDOWS\system32\spool\PRINTERS
Apabila cara yang pertama tidak berhasil, maka kita harus menghapus dokumen tersebut dari folder spool yang ada di folder Windows\System32. Untuk melakukan hal ini tentu saja account yang kita pakai harus memiliki previllage sebagai Administrator. Berikut cara menghapus file-file tersebut.
1. Klik Start, klik Control Panel dan pilih Administrative tools, klik Service
2. Cari “service” yang namanya Print Spooler kemudian klik kanan dan pilih Stop. Jangan ditutup dulu window Service
3. Buka folder C:\WINDOWS\system32\spool\PRINTERS
4. Hapus semua file yang ada di folder PRINTERS tersebut.
5. Kembali ke jendela Windows Services, klik kanan pada?Print?Spooler dan pilih Start
Setelah file-file di folder C:\WINDOWS\system32\spool\PRINTERS dihapus dan service Print Spooler aktif kita bisa memulai lagi mencetak dokumen.

 Close Session
Untuk printer yang dipake secara ramai-ramai (sharing), kadangkala terjadi kasus dimana terdapat user yang tidak bisa mengirim dokumet ke printer sharing tersebut sementara user yang lain tidak bermasalah. Biasanya kalau kita lihat ke jendela Printer and Faxes maka status printer tersebut adalah unable to connet. Untuk mengatasi hal ini kita bisa melakukan langkah-langkah berikut ini:
1. Buka jendela Computer Management. Klik kanan icon my computer, klik manage.
2. Expand System Tools, kemudian expand Shared Folder, da klik Sessions.
3. Pada jendela sebelah kanan terdapat daftar user yang terhubung ke komputer kita.
4. Cara yang paling mudah blok aja semua user lalu pilih close session.
5. Kemudian coba lagi user yang tadi untuk melihat status printer pada jendela Printer and Faxes, kalau statusnya sudah ready maka printer sharing tersebut bisa dipake untuk ngeprint lagi.
Demikianlah cara yang bisa kita lakukan apabila terdapat printer yang tidak bisa mengeprint.



Share this article :

Poskan Komentar

 
Copyright © 2011. Tempat Pencarian - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website modifed by Tempat Pencarian
Proudly powered by Blogger